VOwHjuaUyJLYYyDfgBmys5BuQHXE6XGBCsgzF07B
Bookmark

Sifat-Sifat Yang Patut Dimiliki Oleh Setiap Mu'min / Muslim | Jama'atul Muslimin

Sifat-Sifat Yang Patut Dimiliki Oleh Setiap Mu'min / Muslim | Jama'atul Muslimin - Selamat datang di website Jama'atul Muslimin. Di situs ini kami memberikan berbagai informasi tentang kehidupan beragama sesuai syariat yang berlandaskan keterangan Qur'an dan Hadist. Adapun informasi yang kami sajikan merupakan kumpulan dari berbagai sumber yang dapat dipertanggung jawabkan dan kami cantumkan sumbernya. Untuk memahami isi dari artikel ini, Anda bisa mencari di kategori Kajian Al jamaah. Silakan pelajari dan pahami!

Judul: Sifat-Sifat Yang Patut Dimiliki Oleh Setiap Mu'min / Muslim | Jama'atul Muslimin


Sifat-Sifat Yang Patut Dimiliki Oleh Setiap Mu'min / Muslim | Jama'atul Muslimin


Pernyataan, Sikap Perbuatan Mu'min Yang Benar



"Sesungguhnya jawaban orang-orang mu'min bila mereka dipanggil kepada Alloh dan RosulNya agar Rosul menghukum (memberi keputusan) diantara mereka. Ialah bahwa ucapan mereka: "Kami mendengar dan kami patuh, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS An Nur ayat 51)



"Sesungguhnya  orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Alloh dan RosulNya kemudian mereka berjihad  dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Alloh. Mereka itulah orang-orang yang benar." (QS Al Hujurot ayat 15)



"Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah yang apabila mereka disebut Alloh gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayatNya, bertambah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal. (QS Al Anfal ayat 2)



"Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan dirinya." (QS As Sajdah ayat 15)

Penjelasan:

Dari empat diatas dapat dimengerti bahwa sifat-sifat mu'min adalah:

  1. Mau memperhatikan dan mematuhi isi Al Qur'an dan As Sunnah.

  2. Dalam melaksanakan isi Al Qur'an dan As Sunnah, mereka tidak ragu-ragu. Mereka tidak ragu oleh keadaan sekelilingnya yang tidak sesuai.

  3. Mau berjuang dengan harta dan jiwa mereka demi untuk mendakwahkan, menegakkan dan membela dinul Islam.

  4. Apabila mereka diingatkan dan dibacakan ayat-ayat Alloh, hati mereka bergetar, menyadari, tunduk dan tidak berani menentang dan mengabaikan ayat-ayat itu. Mereka memuji dan bertasbih kepada Alloh atas keagungan dan kekuasaan Alloh.


Iqrar / Janji Muslimin (Mubaya'ah)



"Katakanlah: Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Alloh, Tuhan semesta Alam." (QS Al An'am ayat 162)

"Tiada sekutu baginya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan akulah yang pertama menyerahkan diri (kepada Alloh)." (QS Al An'am ayat 163)

Penjelasan:

Dari ayat tersebut kita dapat mengerti bahwa sifat muslimin terhadap aturan Alloh selalu menyerah, tiada banyak tingkah, tidak ada rasa ragu, tidak berani membantah dan tidak berani meremehkan. Segala perbuatannya selalu ditujukan sebagai ibadah kepada Alloh.



"Aku hanya diperintahkan untuk beribadah kepada Tuhan negeri ini (Makkah) yang menjadikannya suci dan kepunyaanNyalah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku menjadi muslimin." (QS An Naml ayat 91).



"Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Alloh, mengerjakan amal yang sholih dan berkata: Sesungguhnya aku golongan muslimin." (QS HM Sajdah/ Fushilat ayat 33)

Penjelasan:

Dari dua ayat tersebut diatas kita dapat mengerti bahwa Alloh menyuruh supaya kita beribadah hanya kepadaNya saja, dan Dia menyuruh supaya kita semua menyatakan sebagai muslimin.

 

10 Dzulhijah 1407

5 Agustus 1987 H

Bpk Ustadz Yusuf Rahmat Al Mafakkir

Demikianlah Informasi Atau Penjelasan Tentang Sifat-Sifat Yang Patut Dimiliki Oleh Setiap Mu'min / Muslim | Jama'atul Muslimin


Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan diamalkan untuk menuju keridhoan Alloh Ta'ala. Dan semoga Alloh memberikan kepahaman kepada kita semua dalam beragama.

Anda telah membaca Sifat-Sifat Yang Patut Dimiliki Oleh Setiap Mu'min / Muslim | Jama'atul Muslimin dengan link https://jamaatulmuslimin.org/sifat-sifat-yang-patut-dimiliki-oleh-setiap-mumin-muslim-jamaatul-muslimin/


Posting Komentar

Posting Komentar